Awas ada saus tomat palsu yang membahayakan

Saus tomat dan sambal yang dihasilkan tak menggunakan bahan baku tomat serta cabai. polisi memeriksa bahan-bahan tersebut saat penggerebekan pabrik pembuatan sambal saus tomat di jalan. cicukang, kec. bandung kulon, bandung. dan ternyata pembuatan sambal dan saus tomat membuat merinding.

"Sambal dan saus tersebut bahan-nya dari ampas tapioka ( Onggok ) sebanyak 27 kg, ekstrak bawang putih sebanyak 3-4 kg, ekstrak cabe leoserin capsikum sebaanyak 0,5 ons, saskrin sebanyak 50g, garam sebanyak 4 kg, cuka sebanyak 200g, pewarna sunset sebanyak 1 ons, pewarna macam poncau sebanyak 1 sendok potasium fospat sebanyak 50g, dan bibit cairan tomat sebanyak 0,5 ons, "

Jadi sambal dan saus ini, terus dia tidak memakai cabai atau tomat sama sekali. tetapi pakai esens rasa tomat, seta cairan kimia, ekstrak cabai. cara pengolahan-nya saus dan sambal ini yakni dicampurkan semua bahan pada 1 drum, lalu dilaruti air panas sebanyak 30liter, lalu sesudah itu diaduk-aduk.

saus tomat palsu

" Sesudah jadi sambal ataupun saus tomat tersebut lalu dikemas pada bungkusan pelastik yang telah diberikan label, cap, serta ada tulisan  bahan komposisi yang tak sesuai dengan yang sebenarnya". katanya.

Dia menjelaskan semuanya, bahwa sambal dan saus tersebut dijual kepasar tradisional dikota bandung serta diseluruh jawa barat. pabrik ini telah berperasi sekitar 14 tahun. pada sehari, pabrik rumahan itu mampu membuat sau dan sambal palsu sampai 200 ton dengan keuntungan mencapai 100 juta sehari.

akibat memakan saus yang palsu
Biasanya dampak kesehatan yang muncul akibat memakan saus sambal, makanan tak sehat adalah lemes, mual, dan pusing sesaat sesudah memakan-nya. bahkan jika dimakan jangka panjang mampu mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih parah semisal gangguan tenggorokan, kanker, gangguan pencernaan, asma, dan gangguan sistem syarap motorik.

Tips memilih saus sambal higeinis
Untuk mengindari dampak kerugian pada penggunaan saus sambal berbahan yang tidak sehat, berikut ini ada beberapa cara membedakan antara saus sambal higeinis dan non higienis.

Terstandarisasi depkes serta BPOM
Pastikan mempunyai logo departemen kesehatan ataupun badan pengawas obat dan makan BPOM dalam kemasan saus sambal jika kita membelinya. pastikan juga tercantum tanggal kadaluarsanya. jika tak ada, berarti kita wajib berhati-hati dan sebaiknya tidak boleh membelinya.

Sebelum membeli cek komposisinya
Baca dalam label kemasan-nya apakah penggunaan-nya umum ataupun asing. jika prosuden tak menyantumkan pesertase serta takaran yang terkandungnya secara jelas. lebih baik kita memilih merek yang lain yang dapat mencamtumkan komposisi lebih jelas.

Perhatikan warna dari saus tersebut
Saus sambal yang non higienis biasanya warnanya lebih mencolok pada saus sambal higienis. warna mencolok ini terdapat dari penggunaan warna makanan yang melebihi batas penggunaan sehat.

Perhatikan jenis aromanya
pada umumnya aroma saus sambal higienis akan mengeluarkan aroma pada bahan baku pengolahan-nya, yakni aroma tomat ataupun cabe. sedangkan saus sambal non higienis mengeluarkan bahan kimia yang begitu menyengat dan tak mengeluarkan aroma tomat ataupun cabai.

Ukuran kentalnya
Saus sambal higienis biasanya lebih cair dan merata. dibandingkan dengan saus non higienis lebih kental dan tedapat buih tepung.

Tidak semua saus sambal yang diolas semisal itu, ada juga yang layak dimakan, tetapi alangkah baiknya kita harus saling mengingatkan bahwa ada saus sambal serta saus tomat yang ternyata diolah dengan cara tidak benar. hal ini menuntut supaya kita ekstra hati- hati pada memilih makanan yang layak dimakan.

Untuk kita yang telah terlanjur memakan-nya, segera periksa kedokter untuk mengatasi akibat yang sangat serius diakibatkan oleh memakan jenis saus tomat semisal itu, atau boleh juga mencoba secara alami dengan mengestrak biji pepaya, karena biji pepaya mampu meredakan racun pada usus dan hati

itulah penjelasan artikel kami mengenai " Awas ada saus tomat palsu yang membahayakan". dan kita harus berhati- hati lah jika kita ingin membeli saus tomat harus dilihat terlebih dahulu warna dan label dan no. BPOM.