Kata mutiara tentang berniaga, utang-piutang, dan bersedekah

Berniaga merupakan kegiatan jual beli yang baik antar individu ataupun kelompok dengan zona yang berbeda-beda.Pada berniaga diperlukan norma serta etika.
Berikut ini adalah serangkaian kata mutiara islami mengenai tentang berniaga, utang-piutang, dan bersedekah.

Kata mutiara tentang berniaga, utang-piutang, dan bersedekah
Saya tidak suka menjadi seseorang pedak budak. namun menjadi pedagang budak aku sangat menyukainya, daripada saya menimbun bahan makanan dan sambil menunggu akan naik-nya harga, yang sangat memberatkan sekali sesama puslim. (Yazid bin maisaroh)
Pedagang yang mempunyai hati lemah tidak akan pernah untung ataupun kerugian. ya dalam seseorang harus menyalakan api agar mempunyai cahaya. ( Jalaludin rumi )
Janganlah kita menolak keuntungan yang sedikit. sebab, kita tak akan mempunyai keuntungan yang banyak. (Ali bin abi thalib)
Sumpah itu menyebabkan lakunya barang dagangan, namun akan menghapus keberkahan laba. (Al-hadist)
Jika ada seseorang mati yang sedang keadaan mempunyai utang, dalam hal orang itu, dapat membayarnya ketika masih hidup didunia, maka kebahagiaan-nya itu akan diambil serta dosa diberikan kepada orang yang diutanginya, kemudian beliau akan dijebloskan dalam neraka. tetapi, jika memang tidak dapat membayarnya, maka cuman hanya kebaikan-nya saja yang akan diambil, kemudian diberikan kepada pihak yang diutanginya. sedangkan dosa sipemberi utang tak diberikan pada orang yang berutang. (Ibnu abdusalam)
Setiap orang yang ada didunia ini ialah seorang tamu, uangnya merupakan pinjaman. tamu itu pasti akan pergi, cepat ataupun lambat, serta pinjaman itu harus dikembalikan. (Ibnu mas'ud)
Sedekah itu tidak akan mengurangi harta, serta tidaklah seorang yang memaafkan kezaliminan orang lain. tetapi allah akan menambahkan untuk nya kemuliaan serta ia tak akan dirugikan. (Al-hadist)
Jangan pernah lelah bagi melakukan sesuatu yang kecil bagi orang lain, sebab terkadang yang menurut kita kecil itu sangat besar. artinya bagi mereka. (Mutiara islami)
Sebarkanlah kebaikan sebanyak mungkin, sebab buahnya akan selalu mendamaikan jiwamu. (Mutiara islami)
Amal yang sangat dicintai oleh allah ialah yang terus menerus walau hanya sedikit. (Al-hadist)
Senymmu kewajah orang lain itu adalah merupakan sedekah. (Al-hadist)
Segeralah untuk berbuat kebaikan, tetapi jangan tergesa-gesa bagi melihat hasilnya. yang lebih baik sedikit demi sedikit, tetapi konsisten, dibandingkan banyak tetapi tak konsisten. yang sangat lebih baik lagi jika banyak serta konsisten. (Mutiara islami)
Menolong orang yang kelemahan merupakan sedekah yang sangat baik. (Al-hadist)
Orang yang berbuat kebaikan dengan secara diam-diam, maka pahalanya sama dengan 70 kebaikan, dan orang yang melakukan kejelekan dengan secara terang-terangan maka beliau akan hina serta orang yang menutupi kejelekan akan diampuni kesalahan-nya.(Al-hadist)
Apabila kamu tidak mampu untuk berbuat kebaikan pada orang lain dalam kekayaanmu. maka berilah mereka sedikit kebaikan dengan wajahmu yang berseri-seri dengan disertai ahlak yang baik. (Al-hadist)
Orang yang dermawan dan dekat kepada allah, serta rahmatnya, akan selamat dari siksaan-nya. sedangkan orang yang kikir, jauh pada allah, dan jauh pada rahmatnya, maka orang tersebut dekat sekali pada siksaan-nya. (Al-hadist)
Itulah penjelasan artikel singkat kami mengenai Kata mutiara tentang berniaga, utang piutang, dan bersedekah. dan semoga kata mutiara bijak ini bermanfaat bagi kita semua. silahkan kunjungi kata mutiara bijak lain-nya di motekar.net