Mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Kaki bengkak saat ibu yang sedang hamil sering dinamakan edema dalam dunia kedokteran. pembengkakan dalam ibu hamil ini mampu terjadi pada kapan saja, ada yang mengalami pada usia kehamilan 8 bulan, 6 bulan, 4 bulan, 7 bulan.bahkan ada yang mengalaminya pada usia 9 bulan atau ( 40 minggu ). dan yang paling menarik lagi adalah pembekakan kaki ini juga sering dialami pada ibu yang telah  melahirkan. saya juga mengalami masalah edema ini pada usia kandungan bayi 4 bulan, hingga sekarang saya mengandung diusia 36 minggu. hal ini kami sampaikan supaya para ibu hamil tidak usah takut dengan yang namanya bengkak pada kaki, selama bidan memeriksa bumil tidak mengindikasikan masalah kesehatan yang serius.

Mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Namun telah menjadi hal yang umum kalau para ibu khawatir dan bertanya apakah wajar dan normal ibu yang sedang hamil kakinya bengkak? Apakah ada obat alami yang mampu mengobati masalah pembengkakan ini?. dan banyak sekali rentetan pertanyaan dan khawatiran lain-nya. sebenarnya selama kaki bengkak tersebut tidak disertai keluhan lain seperti pusing, nyeri berkepanjangan, dan sejenis lain-nya. maka kasus bengkak saat menjali kehamilan terbilang wajar. Nah untuk semua yang ingin sekali mengatasi masalah edema ini. Silahkan ikuti tips selanjutnya dibawah ini:

Beberapa cara untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil dan melahirkan tanpa obat

-Ibu hamil tidak lama dalam posisi berdiri
Sudah menjadi rahasia umum bhwa ibu yang sedang hamil akan cepat lelah. Nah jika kita tidak mau mengalami pembengkakan kaki saat sedang hamil. maka sebaiknya jangan lama-lama dalam posisi berdiri. apalagi saat kehamilan kita telah dalam usia 32 minggu keatas.

Pembengkakan kaki pada ibu yang sedang hamil ini terjadi dalam posisi berdiri. maka jantung akan dengan gampang memompa darah pada kaki karena kaki dibawah.namun, akan sulit jika menarik lagi darah ke jantung sebab pembuluh darah balik jantung pada saat ini tergenjet oleh si jabang bayi atau janin anak kita. Oleh karena itu pastikan kita tidak lama-lama dalam posisi berdiri saat hamil tua.

Lakukan gerakan kaki saat mengatasi kaki bengkak
Nah saat kita duduk sebaiknya kita mencoba menggerakan pergelangan kaki kita secara memutar. hal ini akan membantu kita mengatasi kaki bengkak.

Diusahakan jangan memakai sepatu/sandal yang mengikat kaki
Jika kita suka menggunakan sendal yang kekecilan atau ngepres dengan kaki. maka sebaiknya kita hindari sandal tersebut karena akan memperparah masalah kaki yang sedang bengkak. gunakanlah sandal jepit yang tidak yang tidak mengikat kaki kita secara keras.

Duduk pada posisi kaki diatas
Nah posisi kaki sangat berpengaruh terhadap penyembuhan kaki yang sedang bengkak saat hamil. Usahakan kita duduk pada posisi kaki lebih tinggi dari jantung. hal ini akan mempermudah jalan-nya sirkulasi darah hingga tidak terfokus pada kaki.

Tidur dalam posisi kaki lebih tinggi
Penting juga bagi kita untuk mengatur posisi kaki lebih tinggi dari jantung dan kepala. diusahakan saat mau tidur kita mengganjalnya dengan bantal sampai lebih tinggi dari jantung.

Diusahakan tidur miring kearah kiri
Dengan posisi tidur semisal ini maka kita sedang membantu pembuluh darah balik supaya terbebas dari tekanan sampai aliran darah yang kembali kejantung akan lebih luas. hal ini jelas untuk meredakan masalah kaki bengkak saat hamil muda ataupun tua.

Mengatur jadwal olahraga secara teratur
Dengan sering olahraga maka kesehatan ibu hamil akan terjamin baik, dan yang sangat penting aliran darah akan lancar sampai tidak hanya berpusat pada kaki. Nah olahraga yang mampu dilakukan pada ibu hamil adalah jalan kaki, yoga, dan beberapa jenis olahraga ringan lain-nya.

Pastikan berjalan kaki diair saat berenang
Saat kita olahraga berenang, maka hal yang paling baik yang kita lakukan adalah berjalan didasar kolam. pastikan kaki kita menyentuh air dan mulailah berjalan. hal ini dapat membantu proses perputaran darah pada tubuh kita.

Atur pola makan secara rutin
Pastikan kita untuk mengatur pola makanan kita. hidari makan garam pada jumlah banyak. perbanyak minum air putih dan buah-buahan serta nutrisi lain-nya.

Itulah ulasan artikel singkat kami mengenai "Mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil'. semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih