Pengertian asam folat

Pengertian asam folat -  Asam folat ataupun folic adalah salah satu vitamin B. yang merupakan vitamin larut air yang terlibat pada berbgai proses pada tubuh manusia. asam folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel. itulah penyebabnya kita sering mendengar informasi bahwa ibu hamil mengkonsumsi asam folat, untuk mengatasi bayi yang lahir mengalami kecacatan dalam sistem syarafnya.

khasiat asam folat
Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 yang sangat penting untuk fungsi tubuh mulai pada biosentesis nukleotida bagi mensintesis DNA, metilasi DNA, perbaikan DNA, dan bertindak sebagai kofaktor pada reaksi biologis yang melibatkan asam folat. tubuh memerlukan-nya pembentukan sel-sel baru.

Pengertian asam folat, khasiat asam folat

banyak sekali akhli yang meyakini bahwa penggunaan asam folat sangat efektip untuk mengatasi kanker usus besar ataupun kanker serviks, mengatasi penyakit jantung, dan setroke, mengurangi kadar homosistein, membantu mencegah gangguan daya ingat semisal penyakit alzheimer, meredakan tanda-tanda panuan, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia, osteoporosis, depresi, gangguan tidur, nyeri pada otot, nyeri pada syaraf, bahkan penilitian pun juga menunjukan vitamin ini berkhasiat untuk terapi yang mempunyai penyakit AIDS.

Siapakah yang membutuhkan asam folat?
Semua orang membutuhkan sekali asam folat. memang sangat benar bahwa nutrisi ini yang paling utama penting selama periode pembelahan sel yang sangat cepat serta pertumbuhan. sehingga untuk wanita yang akan hamil, membutuhkan asam folat sangat lah penting.

Jika seorang wanita mempunyai cukup asam folat pada tubuhnya sebelum beliau hamil, hal ini mampu mencegah terjadinya gangguan ataupun cacat tulang dan otak pada bayi.

Gangguan juga dikenal dengan istilah ( neural tube devects ) ataupun NTD. seorang wanita sangat membutuhkan sekali asam folat pada setiap hari, dimulai dari sebelum hamil untuk penjegahan NTD. jadi asam folat bagi froduksi sel darah merah yang terlibat pada transportasi oksigen pada tubuh. asam folat ini juga memainkan peran penting pada perkembangan otak serta sumsum tulang belakang ( neural tube ) pada anak yang belum lahir disarankan untuk memakan asam folat tambahan.

selain pada wanita, orang dewasa, anak-anak dan yang lain-nya, juga membutuhkan asam folat bagi mengasilkan sel darah merah yang sangat sehat dan mengatasi anemia.

Apa kekurangan dari asam folat?
Selain menyebabkan cacat dalam janin serta gangguan kelahiran, kurangnya tingkat folat pada tubuh juga mampu menyebabkan akumulasi homosistein dimana tingkat homositein yang tinggi dapat meningkatkan penyakit jantung, menyebabkan perbaikan DNA yang terganggu, dan ini mampu menyebabkan kanker.

Ada berapa kebutuhan asam folat pada setiap hari?
Asupan asam folat yang dianjurkan ialah sebesar 400 mg perhari. ini berlaku untuk anak di atas usia 10 tahun dan orang dewasa baik wanita ataupun pria. sedangkan ibu yang sedang hamil memerlukan asupan asam folat sebanyak 200 mg per hari. jumlah asupan ini mampu mengatasi NTD dari 50 sampai 70 %. sementara itu wanita yang mempunyai riwayat NTD ataupun pernah mengalami NTD sebelumnya. memerlukan sebanyak 4 mg asam folat pada per hari. dan asupan ini sebaiknya dimulai pada 4 bulan sebelum kehamilan. bahkan sebelum kaum wanita menyadari bahwa dirinya sedang mengalami kehamilan. semua wanita harus membiasakan diri memakan asam folat setiap hari meskipun tidak mengalami kehamilan.

Apa saja sumber pada asam folat ?
Sumber asam folat yang paling utama terdapat pada sayuran hijau, ( dikarenakan istilah asam folat berasal pada bahasa latin yaitu adalah folium yang berarti daun hijau ) buah-buahan, daging, hati tanpa lemak, biji-bijian serealia utuh, jeruk, serta kacang-kacangan. asam folat tergolong pada vitamin B yang larut pada air dan sangat cepat rusak bila terpapar suhu tinggi. jadi, dianjurkan tidak boleh memasak terlalu lama ataupun menyeduhnya dengan air yang sangat panas. ketika dipanaskan pada suhu tinggi asam folat akan hilang hingga 30 sampai 80 % . memakan asam folat sebaiknya disertai dengan menggunakan asupan vitamin A, B6, ataupun B12. bagi mengoptimalkan penyerapan-nya pada tubuh.

Selain memakan asam folat pada makanan sehari-hari. kita mampu pertimbangkan konsumsi suplemen yang mengandung asam folat. suplementasi pada asam folat kebanyakan berada pada bentuk multivitamin yang mengandung 100 persen kebutuhan asam folat.

Selesai sudah informasi kami yang mengetahui begitu sangat pentingnya pengertian asam folat untuk tubuh kita, dan begitu pula dampak timbulnya kurangnya vitamin ini,  maka kita harus pastikan senantiasa mencukupi asupan asam folat kita pada setiap hari. selain melalui makanan setiap hari, suplementasi yang paling utama untuk wanita, sangat penting sekali, jadi pilihlah multivitamin yang mengandung asam folat yang sangat cukup, untuk menjaga kesehatan kita. Salah satunya ialah multivitamin serta multimineral daily complete formula pada ultimate nutrition, yang mempunyai kandungan 400mg, asam folat pada setiap servingnya, yang sangat berarti memenuhi 100% harian kita.