Pengertian karbohidrat

Pengertian krbohidrat - karbohidrat adalah salah satu senyawa organik yang melimpah dibumi. krobidrat tersebut terdiri pada hidrogen, karbon, dan oksigen. karbohidrat mempunyai segala fungsi bagi makhluk hidup. yang paling utama sebagai sumber bahan dasar (seperti glukosa) cadangan makanan, serta materi pembangun (semisal selulosa dalam tmbuhan, kitin pada hewan dan jamur).

Dalam proses potosintetis. tumbuhan hijau mampu mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat. karbohidrat mempunyai kandungan gugus fungsi karbonil dan banyak juga mengandung gugus hidroksil, istilah karbohidrat dalam awalnya digunakan dalam golongan senyawa yang mempunyai rumus ( CH2O )n.

Pengertian karbohidrat,fungsi krbohidrat

Bentuk molekul karbohidrat yang paling sederhana dan terdiri pada satu molekul gula sederhana disebut monosakarida semisal glukosa. banyak sekali karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun pada berbagai molekul gula yang terangkai menjadi rantaian yang panjang dan bisa bercabang-cabang yang disebut dengan polisakarida, misalkan pati. selain monosakaridan serta polisakarida terdapat disakarida "Rangakaian dua monosakarida". serta oligosakarida "Rangkaian pada beberapa monosakarida".

Fungsi pada pengertian karbohidrat

Berikut ada beberapa pungsi karbohidrat dibawah ini;
-Sebagai sumber energi paling utama. sumber energi yang dikombinasikan adalah glukosa dan tidak bisa digantikan dengan sumber energi yang lain-nya.
-Berperan pada proses metabolisme, menjaga keseimbangan antara basa serta asam yang terdapat pada tubuh. dan sebagai pembentuk struktur sel, organ tubuh dan jaringan.
-Karbohidrat mempunyai peran yang sangat penting pada membantu proses pencernaan makanan.
-Funsi karbohidrat mampu membantu pada penyerapan kalsium
-Karbohidrat adalah bentuk senyawa yang lain-nya
-Sebagai komponen penyusunan gen yang terdapat pada inti sel yang amat penting pada pewarisan saraf
-Karbohidrat merupakan senyawa yang mampu membantu pada berlangsungnya proses BAB. selulosa adalah salah satu polisakarida yang sangat sulit untuk dicerna, namun keberadaan-nya yang terdapat pada sisa pencernaan bisa berkhasiat untuk mengatasi konstipasi ataupun sembelit.
Sumber-sumber karbohidrat 

Ada banyak sekali makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat diantaranya:
-Kentang
-Buah-buahan segar
-Putih telur
-Ubi jalar
-Biji-bijian
-Kacang-kacangan
-Oatmeal
-Roti
-Produk dari pembuatan susu
-Pasta
-Singkong
-Jagung
-Sagu
-Beras merah
Itulah  pengertian karbohidrat beserta sumber dan fungsinya. karbohidrat sangat dibutuh kan sekali bagi tubuh kita, seimbangkan asupan karbohidrat dan jangan sampe terlalu berlebihan karena mampu menyebabkan obesitas ataupun kegemukan, dan juga jangan sampai kekurangan karena mampu menyebabkan malnutrisi.