Pengertian lemak

pengertian lemak -  lemak merupakan senyawa kimia yang mempunyai unsur C, H, serta O. lemak ataupun livid adalah salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh karena berguna menyediakan energi 8 grm/ kalori: melarutkan vitamin A, D, E, K serta mampu menyediakan asam lemak esensial untuk tubuh manusia. selama proses pencernaan, lemak dipecah menjadi molekul lebih kecil, yaitu glisero, dan asam lemak.

Lemak merupakan penyimpanan unit yang baik bagi energi. kelebihan energi pada makanan yang kita makan akan diubah menjadi lemak serta disimpan untuk digunakan dilain waktu. berdasarkan struktur kimianya, lemak tersebut dibedakan menjadi lemak jenuh serta lemak tidak jenuh. lemak tidak jenuh biasanya cairan dalam suhu kamar. lemak dan minyak nabati yang ditemukan pada biji merupakan contoh pada lemak yangtidak jenuh. lemak jenuh biasanya padat dalam suhu kamar serta ditemukan pada daging, keju, susu, minyak kelapa sawit, serta minyak kelapa. lemak jenuh mampu meningkatkan kolekstrol darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke, dan jantung.

Pengertian lemak

Kelebihan lemak mampu menyebabkan obsesitas ( kelebihan berat badan) serta meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. penyakit jantung koroner terjadi apabila pembuluh darah tersumbat ataupun menyempit mungkin endapan lemak yang secara bertahap menumpuk pada dinding arteri.

Dampak yang ditimbulkan kurangnya memakan lemak, diantaranya akan terkena penyakit jantung, kanker payudara, lukemia, dan stroke. dikarenakan kita harus memakan lemak. memakan lemak perhari sebaiknya hingga 25 persen pada total kalori sehari. hal ini sangat dianjurkan sekali karena tubuh juga membutuhkan kandungan lemak. lalu akan disalurkan bagi kebutuhan tubuh. berikut ini ada beberapa jenis lemak dibawah ini:

Lemak nabati
lemak nabati adalah lemak yang berasal pada tumuhan.
contohnya: buah avodkad, kelapa, kacang-kacangan, dan kemiri.

Lemak hewani
Lemak hewani adalah lemak yang berasal pada hewan.
Contohnya: kuning telur, daging kambing, keju, susu, daging sapi, daging ayam, dan jenis daging lain-nya.

Itulah informasi singkat kami mengenai pengertian lemak. maka sebaiknya kita harus mengkonsumsi lemak sekitar 25 % per hari supaya tubuh kita sehat dan tidak akan mudah terkena penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.