Resep ayam rica rica yang pedas

Aneka resep makanan indonesia memang tidak ada habisnya. hampir semua orang memiliki menu dan resep tersendiri yang sangat menggoda. kali ini kami akan mengajak anda semua untuk membuat resep masakan ayam didaerah manado, sulawesi utara yang memiliki rasa yang pedas dan lezat. yaitu adalah resep ayam rica rica yang pedas. untuk anda semua yang mengetahui arti dari rica, pasti anda sudah tahu bahwa salah satu bumbu ayam rica rica di dominasikan dengan cabai pedas. jadi bagi anda semua yang kebetulan yang tak hobi makan pedas, mungkin sebaiknya membuat ayam dengan resep yang lain.

Ada beberapa diantaranya mungkin kita mengenal atau pernah mencicipi ayam goreng rica rica di rumah makan ataupun direstoran. ya, selain ayam manado, keenakan ayam rica rica memang memiliki banyak penggemar dan masuk ke dalam menu lestoran yang terkenal. dan ayam rica rica ini sangat banyak dicari oleh semua orang, selain rasa pedasnya yang menggit lidah tetapi ada juga rasa yang gurih dan empuknya. daging ayam memang sangat cocok sekali bagi teman makan nasi. apalagi nasi yang masih panas, Ummzz,, pasti untuk semua orang yang mencobanya bakal ketagihan.

Resep ayam rica rica yang pedas

Semisal resep masakan yang lain, ayam rica rica juga menggunakan beberapa bumbu dan rempah-rempah yang asli diindonesia. semisal cabai rawit, batang sereh, jahe, dan jenis bumbu yang lain-nya. dengan banyaknya bumbu impor yang masuk semisal bawang putih, dan bawang merah, hal ini dapat mempengaruhi cita rasa masakan rica rica yang dihasilkan. dikarenakan, agar hasil benar-benar terasa nikmat. sebaiknya bumbu yang akan kita gunakan nanti semisal bawang putih dan bawang merah sebaiknya menggunakan bumbu lokal. tentu saja, ayam sebagai bahan pertama dan juga harus diperhatikan. gunakan ayam yang masih segar dan yang belum pernah dibekukan agar serat-serat dagingnya tak berubah dan mempengaruhi rasa resep goreng ayam rica rica nya. Oke untuk lebih jelasnya silahkan lihat bumbu dan cara untuk pembuatan-nya dibawah ini:

Bahan-bahan untuk membuat ayam rica rica super pedas
-Bahan yang pertama untuk dibutuhkan ialah satu ekor ayam yang ukurun-nya besar, dan masih segar, dan buang bagian dalam nya dan potong-potong menjadi 12-15 bagian (Tergantung selera).
-Siapkan bawang putih ukuran besar sebanyak 4 pcs dan kupas kulitnya lalu haluskan.kalau bisa gunakan bawang putih sebagai tumisan-nya.
-Siapkan bawang merah sebanyak 8 pcs kupas kulitnya lalu haluskan bagi bumbu tumisan-nya.
-Siapkan cabai merah sebanyak 18 pcs, lalu cuci sampai bersih dan haluskan untuk bumbu tumis
-Siapkan cabai rawit merah sebanyak 6 pcs, cuci hingga bersih lalu haluskan untuk ditumis
-Siapkan batang sereh sebanyak 2pcs, memarkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
-Siapkan cabe sebanyak 1 pcs, tak perlu dikupas cukup digeprek saja agar lebih meresep dengan bumbu yang lain-nya.
-Siapkan daun jeruk sebanyak 7 atau 8 lembar
-Siapkan garam secukupnya atau kurang lebih 1 sendok kecil.
-Siapkan gula seperlunya.
-Siapkan air bersih seperlunya (kurang lebih 200cc).
-Siapkan minyak sayur untuk menggoreng dan menus bumbu seperlunya.
Cara membuat resep ayam rica rica yang pedas
-Sesudah ayam di cuci hingga bersih dan dipotong sesuai selera, langkah pertama adalah menggoreng ayam tersebut. dan gunakan minyak yang baru dengan api ukuran yang sedang, bolak ba
lik ayam hingga setengah matang lalu diangkat dan tiriskan.
-Sisakan minyak yang tadi untuk menumis, hidupkan api dengan ukuran kecil, dan masukan bawang merah dan bawang putih yang sudah dia haluskan, terus masukan cabai merah dan cabai rawit.
-Aduk-aduk bumbu sampai matang dan hingga tercium buau harum.
-Kemudian potongan ayam yang setengah matang tadi dimasukan lalu aduk-aduk kedalam bumbu tumisan hingga merata.
-masukan sisa bumbu diatas ( jahe, daun jeruk nipis, batang sereh, sedikit gula, dan garam) aduk kembali hingga semua bahan benar-benar rata.
-Lalu masukan air bersih seperlunya dan aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
-Seesudah ayam matang dan empuk, cicipi dulu dan tambahkan gula garam atau penyedap rasa yang anda perflukan
-aduk kembali hingga bumbu-bumbu menyerap kedalam daging ayamnya. kemudian angkat dan sajikan kedalam piring atupun mangkuk dan siap dihidangkan.
Bagaimana menurut anda semua cara membuat resep ayam rica rica diatas? ternyata tak sesulit yang kita bayangkan. memang sangat mudah dan praktis kalu kita beli sudah jadi. tapi, kalau kita memiliki sedikit waktu luang, membuat resep ayam rica rica yang pedas juga meng asyikkan lho. apalagi dikerjakan bersama anggota keluarga pasti seru. untuk membuat ide resep masakan yang lain. silahkan mencoba membuat resep ini. dijamin deh rasanya lezat banget dan pedas.