5 Buah Terbaik untuk Bayi

Buah-buahan dapat diberikan pada bayi, tetapi Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti tekstur dan rasa. Perkenalkan buah yang lembut dan manis untuk pertama kali, ketimbang buah yang asam. Pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan, sehingga ia perlu menyesuaikan diri dengan apa yang ia makan.

Pada tahap awal, berikan kira-kira 30-50 ml air buah sebagai pengenalan sekaligus untuk melihat kondisi pencernaan bayi. Pantau reaksi yang timbul. Jika timbul diare setelah minum air jeruk, gantilah dengan buah lain pada pemberian berikutnya – yang mungkin lebih cocok.

5 Buah Terbaik untuk Bayi

Berikut ini buah-buahan yang pas untuk diberikan pada MPASI bayi:

1. Pisang

Pisang sangat disarankan sebagai buah pada awal pemberian MPASI. Hal itu dikarenakan tekstur pisang yang lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh bayi. Zat gizi penting yang ada di dalam pisang, di antaranya kalium, vitamin, magnesium, kalsium, selenium, dan mineral penting lainnya.

2. Pepaya

Buah tropis berbentuk lonjong ini kaya akan kandungan vitamin A (untuk kesehatan mata dan kulit); B1, B2, vitamin C (untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh); vitamin E (baik untuk kulit bayi), dll. Selain itu, serat yang terdapat di dalam pepaya sangat bagus untuk pencernaan bayi. Oleh karena itu, pepaya dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

3. Alpukat

Tekstur buah yang lembut dan rasa yang enak menjadikannya pilihan yang pas sebagai MPASI, selain pisang dan pepaya. Selain asam folat, alpukat juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin E, besi, serat, kalium, fosfor, magnesium, dan mineral lainnya yang diperlukan tubuh. Kebaikan lainnya adalah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk pertumbuhan sel otak bayi.

4. Pir

Tingkat keasaman pir yang sangat rendah membuat buah ini menjadi salah satu makanan yang paling aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Pir mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, dan lain-lain. Pir juga rendah kandungan sodium dan tidak mengandung lemak jahat.

5. Labu kuning

Buah berwarna kuning ini kaya akan serat sehingga dapat membantu bayi buang air besar secara teratur. Walau terlihat keras, buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi.

Semua buah di atas dapat dimakan secara langsung pada bayi umur 8 bulan ke atas. Cuci bersih terlebih dulu, kemudian potong kecil-kecil agar mudah dipegang oleh bayi. Atau jika bayi masih berumur 6 bulan, Anda bisa mengukus atau menghaluskan buah dengan food processor hingga halus.

Ditulis oleh:
dr. Kartika Mayasari
Anggota Redaksi Medis
Kedokteran Umum
KlikDokter.com