Hati-hati jika terlalu sering buang air kecil, mungkin ada penyakit ini dalam tubuh anda

Sering buang air kecil pada wanita adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kebutuhan atau dorongan untuk buang air kecil setiap dua jam atau lebih. Hal ini dapat menyakitkan dan sering memalukan bagi banyak wanita serta sangat merepotkan jika Anda berada di tengah-tengah aktivitas atau perjalanan jarak jauh tanpa kamar kecil.
Sering buang air kecil dapat diobati tergantung pada penyebabnya dan penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan sering buang air kecil. Berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan sering buang air kecil pada wanita.

Hati-hati jika terlalu sering buang air kecil, mungkin ada penyakit ini dalam tubuh anda

1. ISK atau Infeksi Saluran Kemih
Infeksi Saluran Kemih terjadi ketika bakteri masuk ke kandung kemih melalui uretra. Infeksi dapat terjadi karena banyak alasan. Bisa jadi karena diabetes, penggunaan anti-biotik yang berlebihan, penyakit menular seksual, operasi, pakaian atau air kotor. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah konsultasi ke dokter karena berbahaya bagi kesehatan.

2. Kandung kemih yang terlalu aktif
Kandung kemih terlalu aktif adalah alasan lain sering buang air kecil. Sebab, kandung kemih terlalu aktif terjadi dari otot-otot panggul yang lemah, kerusakan saraf, kelebihan berat badan, dan kurangnya estrogen (umum setelah menopause).

3. Minum banyak air
Ketika cuaca sangat panas, Anda mungkin ingin minum banyak cairan untuk menjaga diri terhidrasi. Hal ini yang menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering. Anda tidak perlu khawatir dalam kasus tersebut, tetapi jika Anda khawatir, Anda harus selalu mengunjungi dokter.

4. Penyebab lain
Kecemasan, obat, misalnya diuretik, stroke, atau otak atau kondisi sistem saraf, infeksi kelenjar prostat (prostatitis), prostat membesar, infeksi ginjal, tumor atau massa di daerah panggul, interstitial cystitis (radang dinding kandung kemih), sindrom kandung kemih yang terlalu aktif (dijelaskan, kontraksi kandung kemih yang tidak terkontrol).
Kanker kandung kemih, disfungsi kandung kemih, batu kandung kemih, inkontinensia urin, pembukaan abnormal (fistula) di saluran kemih, radiasi pelvis, misalnya untuk mengobati kanker, dan divertikulitis.

Kadang-kadang sering buang air kecil juga bisa terjadi ketika menjadi kebiasaan atau lebih psikologis daripada kebutuhan fisiologis. Apapun alasan Anda, sangat perlu untuk berkonsuktasi kepada dokter dan tidak selalu bergantung pada pengobatan rumah karena beberapa penyebab dapat berubah menjadi cukup serius bahkan dapat mematikan.

Anda juga dapat mencegah infeksi saluran kemih dengan mengikuti metode higienis dan mencuci kelamin dengan bersih setelah menggunakan toilet. Dan, berhati-hati saat menggunakan toilet umum karena Anda bisa tertular infeksi. Hindari minum terlalu banyak sebelum tidur agar tidur di malam hari lebih nyaman. (Anisha Saktian.P)