Mau Tau Seperti Apa Penampakan Pohon Yang Menangis Darah?

Di Indonesia kita mengenal legenda batu menangis. Cerita rakyat dari Kalimantan ini mengisahkan penyesalan seorang gadis yang telah mendurhakai ibunya.
Di benua hitam Afrika, terdapat sebuah pohon unik yang bisa menangis darah. Ini bukan fiksi, namun benar-benar terjadi. Pohon yang mempunyai nama latin Pterocarpus angolensis ini adalah pohon asli Afrika yang mempunyai beberapa nama, diantaranya Kiaat , Mukwa dan Muninga.

 Namun pohon ini lebih dikenal sebagai pohon yang menangis darah. Sebutan ini bukan tanpa alasan. Pohon yang banyak tumbuh di Afrika Timur dan Selatan ini ketika dipotong atau dilukai akan mengeluarkan getah yang mengucur sewarna darah yang pekat. Mirip seperti tubuh seekor binatang yang dilukai.

Pohon yang bisa mencapai tinggi sampai 16 meter ini sekarang termasuk jenis tanaman yang dilindungi.
Getah sewarna darah yang lengket ini konon bisa dipakai untuk menghentikan darah yang saat kulit terluka.
Warga setempat memakai getah dari pohon ini utuk bahan pewarna. Di beberapa wilayah lain, getah ini dipakai untuk bahan kosmetik untuk wajah setelah dicampur dengan lemak hewan.

Mau Tau Seperti Apa Penampakan Pohon Yang Menangis Darah?


Selain itu, getah dari pohon ini juga dipakai untuk pengobatan, Beberapa penyakir seperti kurap, nyeri punggung, keluhan masalah mata, malaria, demam dan sakit perut dan meningkatkan air susu ibu (ASI)
Kualitas kayu ini sangat bagus untuk membuat furniture, karena dengan mudah dibentuk dan diukir. Setelah mengalami pengeringan, daya tahan kayu ini sangat luar biasa. Sangat ccok untuk dipakai sebagai bahan pembuat kapal, kano dan lantai kamar mandi.
Karena itu kayu dari pohon ini banyak diburu oleh warga. Hal itu menyebabkan jumlah penurunan pohon Bloodwood menurun.
Sumber: http://citizen6.liputan6.com/read/2399948/misteri-pohon-yang-menangis-darah