Sering Duduk Berjam-jam Ditempat Yang Sama? Hati-Hati, Itu Dapat Tingkatkan Resiko Sakit Jantung

Sering Duduk Berjam-jam Ditempat Yang Sama? Hati-Hati, Itu Dapat Tingkatkan Resiko Sakit Jantung

Apakah pekerjaan kamu mengharuskanmu duduk lama di belakang meja hingga berjam-jam? Apakah kamu hobi travelling dan harus naik pesawat atau kendaraan dalam waktu yang cukup lama dan mengharuskanmu duduk berjam-jam tanpa berpindah posisi? Well, kamu harus berhati-hati Ladies.

Duduk berjam-jam pada posisi yang sama membuat orang rawan terserang penyakit jantung. Dilansir oleh laman indiatimes.com, ini disebabkan karena ada penggumpalan darah pada area tubuh bagian bawah, termasuk kaki.

Kondisi ini juga dikenal sebagai DVT atau deep vein thrombosis, di mana darah menggumpal di pembuluh bagian terdalam dari kaki atau pinggul. Penggumpalan ini disebabkan karena duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah. Ini akan menghalangi jalannya darah ke paru-paru. Kondisi ini disebut sebagai pulmonary embolism. PE ini adalah penyumbatan arteri utama paru-paru, yang dapat menyebabkan asupan oksigen rendah pada tubuh, dan kemudian memicu serangan jantung mendadak.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika memang pekerjaan kamu mengharuskan duduk dalam waktu yang lama:

  • lakukan pemanasan sebelum duduk
  • ubahlah posisi duduk setiap 30 menit sekali
  • jalan-jalan atau rilekskan tubuhmu saat sudah mulai pegal
  • perbanyak minum air agar tak dehidrasi
Empat tips sederhana tersebut akan sangat berguna untuk mengatasi masalah ini Ladies. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
Sumber:  http://www.vemale.com/kesehatan/89940-awas-duduk-berjam-jam-dalam-posisi-sama-berisiko-sebabkan-sakit-jantung.html