Sudah Tau Manfaat Minyak Zaitun? Inilah Manfaatnya Jika Diminum


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama minyak zaitun. Benar sekali, minyak ini memang paling banyak di gunakan di dalam produk kecantikan dan kesehatan. Tak heran jika anda banyak menemukan nama minyak zaitun di dalam komposisi kosmetik. Beberapa chef handal restoran juga menggunakan minyak zaitun untuk memperkaya cita rasa masakannya.

Minyak yang berasal dari mediterania ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang amat berguna bagi kesehatan. Lamanya terkena paparan sinar matahari ini ternyata mampu menciptakan minyak dengan komposisi zat paling baik. Bukan hanya itu, efek samping yang di timbulkan sangat rendah.

Kandungan Minyak zaitun
Zat yang pasti selalu ada di setiap minyak adalah lemak. Jangan khawatir, sebab kandungan minyak yang sifatnya jahat (lemak jenuh) hanya sedikit, yakni 14 gram di setiap sajian 100 gram minyak zaitun. Sedangkan kandungan yang paling banyak adalah lemak tak jenuh (lemak baik). Selain itu, juga ada lemak yang sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan sel otak, yakni manfaat omega 3 dan omega 6.

Sudah Tau Manfaat Minyak Zaitun? Inilah Manfaatnya Jika Diminum


Segi Kesehatan – Tubuh akan merasa cukup berenergi setelah mengkonsumsi zat yang mengandung minyak zaitun. Pasalnya kandungan energi yang ada cukup banyak, yakni sekitar 370 kJ dalam satuan 100 gramnya. Ia cukup berperan memberikan energi tanpa harus berhadapan dengan lemak jahat. Sangat baik untuk anda yang memiliki obesitas.

Segi kecantikan – Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan rambut, anda bisa mengandalkan manfaat vitamin E yang berkisar 93% dari asupan hariannya. Hal ini setara dengan 14 mg dalam satuan 100 gram. Sedangkan kandungan vitamin K sekitar 62 mg. Hal ini setara dengan konsumsi 59% dari asupan harian yang di anjurkan untuk di konsumsi.

Bagi anda yang suka meminum minyak zaitun ini, ternyata mendatangkan banyak manfaat seperti :

1. Menurunkan kadar kolestrol
Kolestrol tinggi di dalam tubuh akan memicu berbagai penyakit degenerative berbahaya. Misalnya penyakit gagal jantung, jantung koroner, stroke dan sebagainya. Untuk itu menjaga kolestrol agar kadarnya tetap stabil sudah kewajiban anda. Salah satunya dengan konsumsi minyak zaitun. Hal ini di sebabkan karena kadar lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi.

2. Mengurangi resiko demensia
Demensia atau kepikunan memang menjadi hal yang lumrah terjadi pada orang orang tua. Namun hal ini juga bisa mengenai para remaja dan orang tua. Salah satu pencegahan yang cukup bijak di laksanakan adalah dengan konsumsi minyak zaitun. Kandungan omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi sangat baik untuk menjaga dan mengembangkan sel otak.

3. Merawat jantung
Jantung salah satu organ yang paling mudah di serang dan berakibat fatal jika sampai berhenti bekerja satu menit saja. Untuk itu menjaga kesehatannya dan merawatnya menjadi keharusan. Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan manfaat antioksidan nabati. Zat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

4. Atasi masalah pencernaan
Masalah pencernaan memang paling sering dan rentan di temui. Apalagi bagi anda yang memiliki sistem pencernaan buruk, salah makan sedikit saja langsung diare. Salah satu solusinya adalah dengan meminum minyak zaitun. Khasiatnya mampu melancarkan pencernaan. Bahkan bisa sebagai obat untuk penyakit sembelit.

5. Perawatan rambut rontok
Anda resah dengan rambut rontok? Coba pakailah minyak zaitun. Memiliki rambut rontok sangat mengganggu penampilan anda. kamar pun akan selalu tampak kotor. Menggunakan minyak zaitun bukan hanya membuat rambut sehat, namun juga mengkilapkan dan melembutkan. Indah bukan?

6. Mengurangi resiko jantung koroner
Jantung koroner merupakan penyakit yang di sebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke jantung. Biasanya karena adanya timbunan lemak yang mengganggu proses kelancaran pembuluh darah. Nutrisi dalam minyak zaitun mampu mengurangi atau meminimalisir masalah tersebut. Bukan hanya mengurangi penyumbatan, namun juga menebalkan pembuluh darah agar lebih kuat.

7. Mengurangi resiko kanker usus besar
Kanker usus besar memang salah satu penyakit yang cukup kronis. Anda bisa mengurangi resikonya dengan konsumsi minyak zaitun. Selain mengurangi resiko terkena kanker usus besar, ia juga baik untuk melancarkan proses pencernaan tubuh.

8. Mengurangi resiko stroke
Mirip dengan penyakit jantung koroner, hanya saja stroke menyerang otak manusia. Jadi pembuluh darah yang harusnya mengalir ke otak terhalang. Hal ini menyebabkan darah yang harusnya mengalir ke ekstrimatas bawah atau kaki terhambat. Sehingga menyebabkan penderita tidak bisa menggerakan tubuhnya. Salah satu pencegahan yang di lakukan adalah konsumsi minyak zaitun. Ia mampu mengurangi penyumbatan dan melakukan penebalan pembuluh darah.

9. Baik untuk wanita menyusui

Menyusui merupakan salah satu pekerjaan wanita yang membktikan ia tidak hanya memikirkan dirinya. Selemah apapun tubuhnya, cairan berguna yang ada di dalam tubuhnya, meski sedikit harus di bagi dengan sang buah hati. Anda tentu sangat menjaga makanan dan apapun yang masuk melalui mulut. Anda juga akan sangat kepayahan karena energi harus terbagi. Maka konsumsilah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Kandungannya mampu meningkatkan produksi asi anda agar lebih banyak tanpa mengeluarkan banyak energy.

10. Menurunkan tekanan darah tinggi
Minyak zaitun juga cukup berperan dalam menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini berkaitan dengan kerjanya yang mampu menurunkan kolestrol. Apabila kolestrol tubuh turun, maka tekanan darah tinggi juga menurun.

11. Melembabkan kulit
Kulit yang kering dapat di atasi dengan konsumsi minyak zaitun. Kandungan vitamin D dan E yang cukup kaya membantu bekerja untuk melembabkan kulit kering. Untuk itulah mengapa minyak ini hampir selalu ada di setiap produk kecantikan baik kosmetik, maupun skin care. Efek lain yang di timbulkan selain melembabkan, juga menghaluskan dan melembutkan.

12. Merawat kuku
Bukan hanya baik untuk kecantikan kulit dan rambut, minyak zaitun juga bisa di andalkan untuk merawat kuku. Jika anda ingin memiliki kuku yang sehat dan cantik, cobalah untuk konsumsi minyak zaitun.

13. Menurunkan gejala diabetes
Minyak zaitun minim sekali kandungan amilum dan karbohidrat. Oleh sebab itu zat gula yang terkandung di dalamnya hampir tidak ada. Hal ini sangat baik untuk pasien diabetes. Selain kadar gulanya rendah, minyak zaitun juga bekerja menurunkan gejala diabetes
Sumber:  http://manfaat.co.id/manfaat-minum-minyak-zaitun