Apa Alasan Wanita Lebih Sulit Tidur Ketimbang Pria?

Jika Anda merasa lebih lelah di akhir pekan ketimbang pasangan Anda, mungkin wajar. Sebab menurut penelitian yang dilakukan National Sleep Foundation, 63 persen wanita mengalami kesulitan tidur atau insomnia beberapa kali dalam seminggu dibandingkan 54 persen pria.
Menurut Profesor Jim Horner, dari Loughborough University Sleep Research Centre, kesenjangan tidur ini terjadi mungkin karena perempuan merupakan makhluk multitasking yang secara biologis menggunakan otaknya lebih banyak. Selain itu, mereka juga diprogram untuk lebih waspada dan bereaksi seperti ibu yang langsung bangun saat bayinya menangis di malam hari.
"Itulah sebabnya, wanita membutuhkan tidur lebih banyak daripada pria. Setidaknya, dari total waktu tidur yang direkomendasikan atau 7-8 jam sehari tambahkan 20 menit," katanya, seperti dikutip Dailymail, Minggu (3/1/2015).
Selain itu, ada beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan seperti:

1. Mengubah pola makan
Perempuan mungkin harus lebih berjuang untuk menahan lapar menjelang waktu tidur. Ahli gizi Sarah Schenker menyarankan, para wanita untuk mengonsumsi karbohidrat yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah sehingga mereka tetap memiliki energi lebih banyak.
"GI rendah akan membantu menjaga kadar gula darah stabil. Karbohidrat rendah termasuk gandum, kacang merah, buncis dan kentang," katanya.

Apa Alasan Wanita Lebih Sulit Tidur Ketimbang Pria?

2. Hindari asam
Konsultan pencernaan di Rumah Sakit Barnet di London, Dr Steven Mann menyarankan untuk menghindari alkohol, coklat, kopi, minuman bersoda, buah jeruk dan makanan pedas atau berlemak. "Makan makanan kecil dan memiliki makan malam tiga sampai empat jam sebelum tidur dapat membantu juga," katanya.
Cara lain untuk mengurangi kemungkinan sakit maag adalah untuk meningkatkan tidur Anda sedikit dengan menumpuk beberapa buku di bawah ujung kepala. Jika ini tidak berhasil, over-the-counter antasid dapat diambil untuk menetralisir asam lambung.

3. Cegah gerinding gigi
Menurut penelitian di Inggris, satu dari empat perempuan sering menggerinding gigi. Padahal menurut dokter gigi, Dr Charles Ferber, kondisi ini dapat menyebabkan rahang dan leher nyeri, yang dapat mengganggu tidur.

4. Pisahkan selimut dengan pasangan
Gerakan tidur pria biasanya lebih sering ketimbang wanita. Fisioterapis Sammy Margo mengatakan, untuk menggunakan selimut terpisah agar tidur Anda lebih nyenyak.
Sumber:  http://health.liputan6.com/read/2402754/wanita-cenderung-lebih-sulit-tidur-ketimbang-pria