Pasti Terjadi Diantara Anda Tangan Yang Kerap Dingin, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bila suhu di sekitar Anda dingin dan tangan menjadi dingin, itu memang normal. Namun ada beberapa orang yang tangannya kerap dingin padahal suhu disekitarnya hangat. Bila ini terjadi pada Anda, penyebabnya mungkin bermacam-macam.
Catat penyebabnya, seperti dikutip Prevention, Senin (23/11/2015) berikut ini:

1. Raynaud
Sindrom Raynaud menyebabkan sejumlah area tubuh, misalnya jari tangan atau kaki, ujung hidung dan telinga, terasa kebas dan dingin ketika stres atau emosional.
Menurut rheumatologis dari Santa Monica, Orrin Troum, MD, perubahan gaya hidup, seperti berpakaian hangat, memakai sarung tangan di lingkungan dingin (bahkan ketika mengambil makanan dari kulkas, tergantung pada seberapa parah reaksi Anda), dan menghindari stres emosional akan membantu mengelola penyakit ini.

2. Penyakit autoimun
Penyakit autoimun seperti lupus misalnya, akan menyebabkan pengerasan dan jaringan parut pada kulit dan jaringan ikat. Seperti halnya Raynaud, penyakit ini juga kerap membuat tangan menjadi dingin meski di suhu hangat.

Pasti Terjadi Diantara Anda Tangan Yang Kerap Dingin, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

3. Hypothyroidism
Gangguan kelenjar tiroid atau Hypothyroidism juga dapat memicu jari-jari Anda dingin. Ahli rheumatologi dari The Ohio State University Wexner Medical Center, Ali Ajam, MD mengatakan, tiroid yang tidak aktif akan membuat fungsi tubuh melambat dan bisa menimbulkan gejala seperti kelelahan, sembelit, dan tangan yang kedinginan.

4. Sirkulasi darah tidak lancar
Ketika jantung tidak bisa mendapatkan cukup darah ke seluruh tubuh, maka Anda bida merasakan dingin, mati rasa, atau kesemutan di tangan dan kaki.

5. Anemia
"Anemia terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam darah. Anemia juga akan memicu turunnya suplai oksigen ke seluruh tubuh, yang akhirnya menyebabkan tangan dingin," kata spesialis penyakit dalam di NYU Langone Medical Center di New York City, Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS.
Anemia sendiri dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi, kehilangan darah karena periode menstruasi, ulkus, perdarahan gastrointestinal, beberapa jenis kanker, dan gangguan pencernaan (seperti Celiac atau penyakit Crohn). Selain tangan dingin, anemia dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, pusing, sesak napas, dan kulit pucat.

6. Defiensi B12
Vitamin B12, yang ditemukan dalam daging, unggas, telur, susu, dan produk susu lainnya, penting dalam pembentukan sel darah merah. Dan kekurangan vitamin ini menyebabkan penurunan produksi sel darah merah yang dapat menyebabkan tangan dingin.

7. Tekanan darah rendah
"Hipotensi, atau tekanan darah rendah dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk dehidrasi, kehilangan darah, obat-obatan tertentu, dan gangguan endokrin," kata Okeke-Igbokwe. Ketika tekanan darah menurun, pembuluh darah akan bergeser melindungi organ-organ vital sehingga jari Anda merasa dingin. Jika Anda memiliki gejala hipotensi, seperti pusing, pandangan kabur, kelelahan, mual, kelemahan, dan kebingungan, perika ke dokter segera.

8. Stres Dan Kecemasan
Ketika Anda mengalami stres kronis atau kecemasan, pembuluh darah akan mengerut dan menyebabkan jari dingin.

9. Obat
Ada banyak obat yang dapat menyempitkan pembuluh darah, termasuk beta-blocker yang diresepkan untuk mengatur tekanan darah), beberapa obat kanker, obat migrain, dan OTC dekongestan. Obat-obatan ini juga dapat menyebabkan tangan dingin, untuk itu selalu tanyakan efek samping obat pada dokter Anda.
Sumber: http://health.liputan6.com/read/2372587/9-penyebab-tangan-kerap-dingin?p=0