Heboh! Kuburan Tua di Bogor Ini Keluarkan Cahaya

Heboh! Kuburan Tua di Bogor Ini Keluarkan Cahaya
Cerita unik sekaligus menggugah rasa penasaran datang dari sebuah kuburan tua di daerah Bogor, Jawa Barat. Kuburan tua yang usianya diperkirakan 97 tahun itu dikabarkan kerap mengeluarkan cahaya di malam hari.
Kuburan itu berada di rumah pasangan suami istri bernama Asep Sampena (35 tahun) dan Fatimah Ihtiyar (32 tahun). Tepatnya berlokasi di Kampung Kebon Kopi, RT 4 RW 9, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.
Menurut warga sekitar, sering terlihat cahaya keluar dari kuburan ini terlebih pada tahun 1970-an. "Dulu tahun 1970-an saya sering ngelihat cahaya keluar dari makam ini, dulu di tempat ini masih hutan," ujar Zakir (60 tahun), warga sekitar yang sering berziarah ke makam.
Namun, setelah di atasnya dibangun rumah, Zakir tidak pernah lagi melihat kuburan itu bercahaya. Pria tua itu menambahkan, jenazah di kuburan itu dikabarkan adalah orang keturunan Ternate.
"Makam ini sudah ada sejak tahun 1918. Dulu kakak ipar saya suka ziarah ke sini, katanya ini makam keturunan Ternate," ujarnya.
Diketahui, di rumah Asep terdapat 3 kuburan, di mana salah satunya adalah kuburan bayi. Namun kuburan bayi itu sudah dipindahkan oleh warga ke tempat pemakaman umum di Kampung Kebon Kopi.
Sementara dua kuburan lainnya kabarnya baru akan dipindahkan. Warga sekitar pun ikut menghadiri proses pemindahan makam itu karena penasaran dengan kuburan yang dulu pernah mengeluarkan cahaya.