Jokowi Kenalkan Blusukan Kepada Sejumlah CEO Perusahaan Inggris

Jokowi Kenalkan Blusukan Kepada Sejumlah CEO Perusahaan Inggris
Presiden Joko Widodo bercerita bahwa dirinya adalah tipe pemimpin yang tidak suka berlama-lama bekerja di belakang meja, tanpa turun ke lapangan.

Bagi Presiden turun ke lapangan akan lebih bermanfaat dibandingkan hanya menunggu laporan.

"Seperti yang kalian ketahui, saya ini tidak suka berada di dalam kantor terlalu lama. Saya suka berkeliling, turun ke lapangan."

"Di Indonesia, itu namanya kontrol di lapangan atau blusukan," ujar Presiden pada pertemuan dengan CEO dari perusahaan terkemuka di Inggris di Grosvenor House, London, Rabu (20/4/2016).

Terlebih lagi saat ini, pemerintah telah memutuskan dua sektor yang dapat mempercepat pertumbuhan, yakni infrastruktur dan investasi.

Dengan blusukan ke lapangan, selain untuk mengecek kemajuan infrastruktur, juga akan melihat masalah yang ada di lapangan dan juga mendengarkan langsung aspirasi dari masyarakat.

"Kalau saya blusukan satu kali, maka menteri akan datang 4 kali dan dirjen sebanyak 12 kali," ucap Presiden.

Di awal sambutannya, Presiden menegaskan pemerintah telah berkomitmen untuk terus melakukan reformasi ekonomi agar dapat memenangkan persaingan antar negara yang telah berjalan.

Bebeberapa CEO yang hadir pada pertemuan ini, Michael Lawrence (Asia House), Sir Henry Keswick (Jardine & Matheson), Bob Dudley (British Petroleum), Lord James Sassoon (Jardin & Matheson).

Serta, Stuart Gulliver (HSBC), Sir John Peace (Standard Chartered), Paul Kahn (Airbus), Colin Smith (Rolls Royce) dan Julian Adams (Prudential).

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

Juga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Kepala BKPM Franky Sibarani, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Dubes Indonesia untuk Inggris Rizal Sukma.
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Adi Suhendi