Unggah Foto Anak Ke Sosmed Dapat Dikenakan Denda 650 Juta

Unggah Foto Anak Ke Sosmed Dapat Dikenakan Denda 650 Juta
Para orangtua di Perancis bisa dikenai denda besar bahkan masuk penjara jika mengunggah foto-foto anak mereka ke media sosial.
Seperti diberitakan Harian Telegraph, yang dikutip laman Independent, Kamis (3/3/2016), aparat penegak hukum di negara itu, telah mengeluarkan peringatan tersebut kepada para orangtua.
Penegak hukum berdalih, mengunggah foto anak di media sosial, adalah bentuk pelanggaran terhadap privasi sang anak, sekaligus menempatkan mereka dalam kondisi yang berisiko.
Salah satu risiko yang mengintai anak adalah incaran para paedopil. pernah terjadi sejumlah kasus di mana foto anak anak dari Facebook muncul di situs paedofil.
Rasa malu yang mungkin dirasakan si anak bisa menjadi legitimasi untuk mengajukan orangtua mereka ke muka pengadilan.
Di bawah pengaturan hukum di Perancis, perkara ini bisa megakibatkan vonis denda hingga sekitar Rp 650 juta.
“Dalam beberapa tahun ke depan, anak-anak itu akan dengan mudah menyeret orangtua mereka ke muka pengadilan karena mempublikasikan foto mereka ketika masih kecil,” ungkap Praktisi hukum internet dan etika hukum Perancis.
Lembaga hukum di Perancis ternyata meniru kebijakan yang sudah lebih dulu dikumandangkan di Jerman.
Di Negara itu, kampante tentang privasi anak sangat gencar didengungkan. Salah satunya dengan menyantumkan peringatan di laman Facebook para orangtua.
“Mengunggah foto-foto anak ke Facebook bukan tanpa risiko, lindungilah anak-anak anda,” demikian bunyi peringatan tersebut.
Dalam beberapa kasus di negara itu, sejumlah orangtua pun sudah dipaksa untuk menghilangkan foto-foto bayi atau anak kecil tanpa pakaian dari media sosial.
Tanggapan Facebook
Menanggapi kebijakan ini, Vice President Facebook Jay Parikh mengatakan Facebook dalam beberapa waktu ke depan akan membuat sistem notifikasi baru.
Notifikasi itu akan mengingatkan pengguna terutama orangtua yang mengunggah foto anak mereka, tanpa melengkapinya dengan menu “privasi setting”.
“Jadi jika suatu ketika saya tanpa sadar mengunggah foto anak saya yang bermain di taman, sistem ini akan memunculkan peringatan ‘hei ini foto anak anda,” kata Parikh. [HP – Sebarkanlah.com /Kompas]