5 Tips Laris dan Sukses dari Pengusaha Sukses di Dunia

5 Tips Laris dan Sukses dari Pengusaha Sukses di Dunia

JAKARTA - Saat bicara mengenai pengusaha sukses di dunia, nama-nama seperti Steve Jobs, Richard Branson, Larry Page dan Warren Buffet pasti disebut.
Ternyata ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik dari kisah sukses para pengusaha besar tersebut. Setiap pebisnis memiliki cara berbeda dalam membangun perusahaannya.

Dilansir dari The Balance, berikut pelajaran yang bisa anda terapkan dalam membangun bisnis anda:

1. Lebih banyak mendengar dari pada berbicara
Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Richard Branson mengatakan, mendengar adalah salah satu tiga prinsip yang penting baginya. Menurutnya, dengan mendengar kita bisa belajar sesuatu dan apa yang haru dilakukan untuk memperbaiki kesalahan.

2. Siap hadapi kegagalan
Untuk mencapai kesuksesan, anda harus berani mengambil resiko. Dengan begitu, anda harus siap jika kegagalan juga keberhasilan. Teringat kisah Steve Jobs yang dibuang dari perusahaannya saat mengembangkan NeXT dan Pixar. Namun Steve tidak kecil hati dan menjadikan kegagalannya untuk melangkah lebih maju.

3. Memiliki Rasa Ingin Tahu
CEO Inome Naveen Jaun mengatakan rasa ingin tahu diperlukan saat anda ingin mencari terobosan atau ide gila. Bahkan Thomas Edison tidak akan pernah menemukan kamera film dan lampu listrik tanpa rasa ingin tahu.

4. Harus tau kapan berkata tidak
Seorang pemimpin harus bisa menentukan mana peluang bisnis yang penting baginya. Anda harus tahu kapan anda berkata tidak ketika memutuskan kebijakan untuk perusahaan anda.
Steve Jobs adalah salah satu pengusaha yang jago dalam mengatakan tidak. Saat dia kembali ke Apple tahun 1997, perusahaan memiliki 350 produk. Lalu dia memangkas jenis produknya menjadi 10 dalam jangka waktu dua tahun. Dia mengatakan tidak pada produk lainnya dan Apple menjadi nyata.

5. Bangun tim yang baik
Jika anda berniat menjadi pengusaha sukses, tentunya anda tidak bisa bekerja sendiri. Anda perlu membentuk tim yang baik untuk membantu anda menuju kesuksesan.
Setiap manusia, tidak peduli seberapa cerdas, berpendidikan dan berpengalaman mereka, tidak mungkin menjalankan sebuah perusahaan yang sukses sendiri. Bahkan anda memerlukan advokat besar memvalidasi ide bisnis Anda sebelum menyelam terlalu dalam dan menghabiskan sumber daya berharga. (kmj) okezone.com