Disangka Batu, Ternyata Makhluk Langka Berusia Miliaran Tahun

Disangka Batu, Ternyata Makhluk Langka Berusia Miliaran Tahun

Banyak orang merasa penasaran untuk datang ke Hamelin Pool yang terdapat di Shark Bay, wilayah Gascoyne, Australia Barat. Pasalnya terlihat banyak batu-batu yang tenggelam ke dasar air.
Namun ternyata mereka adalah makhluk yang disebut Stromatolit yang berasal dari mikroba kecil bersel satu yang disebut Cyanobacteria. Sebuah ganggang biru-hijau yang ditengarai sebagai bentuk-bentuk awal kehidupan di bumi.

Stromatolit dibentuk oleh lapisan-lapisan pertumbuhan Cyanobacteria dan sendimen yang menangkap mikroba dengan lapisan lendir di bagian atasnya. Kemudian partikel-partikel halus ini disemen bersama-sama dengan kalsium karbonat yang dihasilkan oleh bakteri, sehingga membentuk struktur stromatolit.

Meskipun mereka terlihat seperti benda mati yang tidak bernyawa, tapi struktur kalsium karbonat yang dihasilkan oleh bakteri terus membangun struktur stromatolit dengan sangat lambat. Bahkan koloni mikroba itu hanya tumbuh 1 mm per tahun.
Pada awalnya cyanobacteria muncul di bumi pada 3,5 miliar tahun yang lalu. Ketika oksigen dan atmosfer masih berjumlah sangat sedikit.

Dan melalui proses fontosintesis organisme, atmosfer bumi mengalami perubahan secara bertahap mendapat campuran karbondioksida sehingga menjadi oksigen. Akhirnya membuat hewan-hewan memangsa Cyanobacteria dan ganggang yang menyebabkan jumlah mereka berkurang banyak.
Sebenarnya, penemuan fosil Stromatolit banyak ditemukan di berbagai belahan bumi, seperti yang dijumpai di Hamelin Pool ini. Kebanyakan hewan hanya memakan bakteri dan ganggang yang berada di dalam. Sehingga stromatolit yang tumbuh di alam terbuka tidak terganggu.

(Sumber: Amusingplanet.com)