Pesisir Gunungkidul dan Bantul Digoyang Gempa

Pesisir Gunungkidul dan Bantul Digoyang Gempa

YOGYAKARTA  - Gempa terasa di wilayah pesisir Bantul dan Gunungkidul Senin (19/9/2016) pagi sekitar pukul 03.42.13 WIB berkekuatan 3,5 SR.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu dipengaruhi oleh sesar aktif bawah permukaan yang berada di sebelah timur Sesar Opak.
Lokasinya 25 km barat daya Wonosari atau lepas Pantai Bibis-Girikerto, dengan kedalaman 10 km.
Tingkat guncangan gempabumi dangkal tersebut berada pada I Skala Intensitas Gempabumi BMKG atau II MMI.

Daerah yang merasakan getaran gempa yakni Pundong, Kretek, Parangtritis, Wonosari Bibis, Girikerto, Blimbing, Pijeran, Temuireng, Brono, Gebang, Pulebener, serta Playen.
Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan akibat kejadian tersebut. Masyarakat pesisir juga tak perlu khawatir akan terjadi Tsunami karena tidak berpotensi hal itu.
Masih dalam penjelasan BMKG, tingginya aktivitas kegempaan di zona selatan Bantul dan Gunungkidul masih menyimpan sebuah misteri.

Terlebih, gempa juga tidak hanya berpusat di darat, tetapi meluas ke laut.
"Tingginya aktivitas kegempaan di selatan Bantul-Gunungkidul menjadi teka teki, apakah aktivitas ini hanya sekadar rangkaian gempa kecil pasca pelepasan tegangan kulit Bumi tahun 2006 atau memang ada bagian segmen sesar yang masih menyimpan medan tegangan dan belum terlepaskan seluruhnya," terang BMKG. (say)


Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jogja