Tim SAR Evakuasi Ayu Retnosari di Gunung Sumbing

Tim SAR Evakuasi Ayu Retnosari di Gunung Sumbing

SEMARANG - Tim SAR gabungan bersama warga mengevakuasi pendaki asal Jakarta yang pingsan saat melakukan pendakian di gunung Sumbing.
Korban bernama Ayu Retnosari (24) warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur itu dievakuasi dari pos Butuh.

Diduga korban kelelahan hingga akhirnya pingsan dan tak sadarkan diri.
Kepala Basarnas Jawa Tengah Agus Haryono dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng, Senin (19/9/2016) mengatakan, korban awalnya mendaki bersama empat rekannya yakni Nugroho Dwi (25) warga Jakarta, Sidiq Anwar (25), Haryanto dan Ridwan warga Bantul, Yogyakarta.
Kelimanya mendaki Gunung Sumbing melalui jalur Butuh pada tanggal 17 September 2016.

Pada saat tiba di pos empat, korban Ayu menderita kelelahan dan tak bisa melanjutkan pendakian.

"Pada saat mendaki dan sampai di pos empat korban mengalami kelelahan hingga akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendakian dan berhenti di pos empat di temani Nugroho.Sementara tiga orang rekan lainya melanjutkan perjalanan menuju puncak," kata Agus.
Pada tanggal (18/9) pukul 15.30 tiga orang rekannya turun dari puncak kembali bertemu korban dan Nugroho.

"Sesampainya di pos tiga kondisi korban semakin mengkhawatirkan bahkan sampai tak sadarkan diri (pingsan). Rekan rekannya langsung melakukan inisiatif meminta bantuan di base camp," katanya.
Agus mengatakan, Tim SAR gabungan dan warga kemudian langsung naik melakukan penjemputan dan korban berhasil dievakuasi turun ke base Mangli, Desa Butuh, Kaliangkrik, Temanggung Senin (19/9/2016) sekitar pukul 05.00 pagi dalam kondisi selamat.

Penulis: Muh Radlis
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jateng