VIDEO: Detik-detik Banjir Bandang Terjang Garut

VIDEO: Detik-detik Banjir Bandang Terjang Garut

Banjir bandang dan longsor menerjang tujuh kecamatan di Kabupaten Garut, yakni Kecamatan Bayongbong, Garut Kota, Banyu Resmi, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Karang Pawitan dan Samarang.
Akibat bencana itu, sebanyak 17 orang dilaporkan meninggal. Tidak hanya itu, ratusan rumah luluh lantak, sekitar 1.000 jiwa diungsikan di Korem 062 Tarumanegara, Kodim 0611 Garut, dan beberapa pos pengungsian lain.

Pencarian dan penyelamatan korban banjir bandang di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat masih terus dilakukan oleh Tim SAR gabungan. Tim tersebut terdiri dari Basarnas, BNPB, BPBD Kabupaten Garut, BPBD Provinsi Jawa Barat, TNI, POLRI, Dinas PU, Tagana, Senkom Polri, NGO dan relawan melakukan evakuasi korban.
Tim Reaksi Cepat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat memberikan pendampingan penanganan darurat BPBD Garut dan BPBD Sumedang.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah dana siap pakai untuk operasional penanganan darurat. Beras dan makanan diperlukan untuk penanganan pengungsi.
Dalam sebuah video yang diunggah pengguna akun Facebook Bisri R Saputra terekam kepanikan peristiwa datangnya air besar yang melalui sungai Cimanuk itu. Warga berteriak serta beberapa di antaranya mengucap takbir ketika air itu menyapu apa saja yang ada di sekitarnya.


Video kepanikan saat banjir bandang Garut juga diunggah melalui Youtube oleh pemilik akun Ojek Diary. Dalam video tersebut terekam air masuk ke rumah warga dan menggenangi jalan. Dalam video itu juga direkam suasana setelah banjir. Rumah-rumah itu dipenuhi lumpur. Lihat juga videonya di bawah ini. (poy) sumber: otonomi.co.id