Hal-Hal Agar Doa Cepat Terkabul

Hal-Hal Agar Doa Cepat Terkabul

Berdoa merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh seorang Muslim baik setelah salat maupun dalam bermacam-macam kesempatan. Doa juga merupakan suatu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk setiap hamba-hambanya karena Allah sangat menyukai seorang hamba yang minta kepadanya dan mendekatkan diri kepadanya, karena dengan berdoa kita tidak menjadi sombong.
Doa merupakan senjata seorang Muslim, karena dengan berdoa menjadi bukti bahwa kita begitu lemah tanpa pertolongan Allah SWT. Sebab orang yang tidak pernah berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah termasuk dari kategori orang Muslim yang sombongn dan hina.
Suatu doa dikabulkan atau tidak oleh Allah merupakan hak dan ketentuan Allah, kita sebagai hamba-Nya hanya bisa berusaha dan berikhtiar saja. Adapun beberapa cara agar doa cepat terkabul  yang bisa kita praktekkan atau kerjakan di rumah dan kita harus mengetahui tata cara berdoa yang benar sehingga doa kita yang dipanjatkan bisa cepat dikabulkan oleh Allah SWT.
1. Berdoa bisa dilakukan kapan, di mana, dan pada saat apa saja. Tetapi, lebih baik lagi jika kita menyempatkan diri untuk bersuci terlebih dahulu (wudhu atau mandi) agar terhindar dari hadas dan najis. Dalam keadaan bersih, kita sendiri akan merasa lebih nyaman saat menghadap dan meminta tolong kepada Allah SWT.
2. Berdoa di waktu yang mustajab. Berdoa pada waktu-waktu mustajab seperti berdoa pada waktu bulan Ramadhan, antara adzan dan iqomah, berdoa pada sepertiga malam terakhir, berdoa di saat hujan, dan ketika waktu berbuka puasa.
3. Dimulai dengan memuji Allah dan diakhiri dengan salawat kepada Rasulullah. Allah SWT ialah pencipta kita dan seluruh alam semesta. Sudah jelas bagi kita untuk memberikan pujian-pujian hanya kepada Allah semata, karena yang mengabulkan doa kita pun hanyalah Allah SWT. Oleh karena itu, awali doa dengan membaca zikir dan memuji Allah SWT dengan ikhlas dan khusyuk.
Kemudian, saat akan mengakhiri doa kita  harus membaca salawat kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Karena beliau sangat dicintai oleh Allah dan satu-satunya yang bisa memberikan kita syafaat di hari akhir nanti. Untuk itu, kita sebagai umat-Nya harus mencintai Nabi Muhammad SAW dengan sepenuh hati karena Allah SWT.
4. Menghadap ke arah kiblat serta mengangkat kedua tangan. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangan untuk berdoa, kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabuklan). ”
5. Tidak tergesa-gesa dalam berdoa. Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Akan diijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?” (Imam Bukhari).
6. Yakin bahwa doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Berdoalah kepada Allah dan kalian yakinlah akan dikabulkan. Ketahuilah, “Sesungguhnya Allah SWT tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai dan lengah dengan doa-nya” (HR. Tirmidzi).