Trik Mengolah Kepiting Agar Rasanya Lezat dan Tekstur Dagingnya Tetap Terjaga

Trik Mengolah Kepiting Agar Rasanya Lezat dan Tekstur Dagingnya Tetap Terjaga

Cara mengolah kepiting sebelum dimasak cukup mudah untuk diikuti.
Jangan tertipu oleh bentuk kepiting yang rumit sehingga berpikir akan sulit untuk mengolahnya. Langkahnya simpel dan mudah diikuti.

Saat berbelanja, pilihlah kepiting yang masih hidup. Kepiting ini terjamin kesegarannya. Pilih sendiri kepiting kita agar terhindar dari pemilihan kepiting yang sudah mati.

Untuk membersihkan kepiting, tusuk ia di bagian perutnya, lalu biarkan ia sampai tidak bisa bergerak. Cara ini akan memudahkan kita dalam mengolah kepiting tersebut.
Cuci kepiting hingga bersih dengan cara menyikatnya. Perhatikan kepiting, pastikan ia benar-benar bebas dari pasir maupun kotoran.

Kepiting merupakan makanan laut yang bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal apabila tidak dibersihkan dengan tepat.

Oleh karena itu, rebuslah kepiting bersama dengan sepotong arang.

Arang akan menyerap racun yang ada di kepiting tersebut. Bersama dengan arang, tambahkan jahe ke dalam rebusan kepiting. Jahe akan menghilangkan bau amis kepiting.

Setelah direbus, potong kepiting dengan cara sebagai berikut:
Buka bagian batok kepiting yang sudah direbus.
Belah badannya menjadi dua.

Memarkan bagian cangkangnya agar daging lebih mudah untuk dimakan.
Kepiting disukai karena tekstur dagingnya yang sangat khas, lembut dan berbeda dari daging-daging lainnya. Oleh karena itulah kepiting saja jika direbus sudah sangat enak dan bisa dinikmati.

Namun, kita kerap ingin mengolah kepiting tersebut menjadi hidangan yang lebih lezat rasanya. Untuk itu, kita bisa membuat kepiting yang ditumis dengan berbagai saus seperti saus padang, saus tiram, hingga asam manis.

Daging kepiting juga bisa kita ambil dari cangkangnya. Nah, kita bisa mengolahnya lagi menjadi berbagai hidangan seperti sup kepiting.
Enak apabila ditambah asparagus.

Selain itu, daging kepiting ini bisa dicampur dengan nasi atau mi goreng, juga menjadi isian lumpia apabila ditumis dahulu dengan bumbu-bumbu sederhana.

Itulah cara dalam mengolah kepiting sebelum dimasak. Mari kita ikuti agar kepiting kita lezat rasanya dan terjaga teksturnya. sumber: tribun lipestyle